ECERAN ATAU TOURIST PASS

ECERAN ATAU PASS
 
Nah temen temen, banyak sekaliiiiii temen temen yang dengan alasan mengirit atau alasan Flashfacker atau budget traveller, menhindari membeli tiket transportasi macam macam Pass di Japan, baik Itu Nationwide Pass (JR Pass), Pass Area (Tokyo Wide Pass, Kansai Wide Pass, Hokuriku Arch Pass dll). Dan lebih suka memilih membeli ticket eceran atau malah membeli Prepaid Card atau IC Card (SUICA, ICOCA, PASMO dll) yang notabene sama dengan beli eceran namun bayar via kartu debet.
Begini:
 
Transportasi di Jepang sangatlah mahal, Pemerintah Japan mengakuinya, Penduduk asli Japan juga merasakannya. 60% dari income UMR seseorang di Japan akan habis buat biaya Transportasi selama sebulan Hidup.
 
Dan akibat mahalnya transportasi ini, juga berimbas pada predikat Jepang dgn Mahalnya biaya transportasi bagi turis asing, dari jaman dahulu sd sekarang.
 
Pemerintah Japan sadar akan hal itu, makanya agar turis merasa betah dan merasa murah jalan jalan saat berkunjung ke Japan. Pemerintah menciptakan macam macam PASS atau Tiket terusan yang hanya bisa digunakan oleh warga negara asing dan murah untuk mengcover biaya perjalanan Turis selama mereka berkunjung ke Japan. DAN INI MEMANG MURAH.
Cara bayar penduduk Jepang adalah dengan menggunakan IC CARD:
 
SUICA
ICOCA
PASMO
PITATA
TOICA dll
 
Cara bayar ini mengharuskan si pemegang kartu memasukan sejumlah uang ke dalam saldo pulsa kartu dan mengharuskan si pemegang kartu membayar penuh tanpa potongan atau tanpa penggunaan sepuasnya sekali bayar dalam setiap naik moda transportasi ybs. Sgt Mahal.
 
Cara Bayar Khusus buat turis asing dan murah :
 
JR PASS
PASS AREA : Kansai PASS, TOKYO WIDE PASS dll
CITY PASS AREA
dll
 
Cara bayar ini dirancang khusus untuk wisatawan mancanegara dan dilarang keras penduduk Japan menggunakannya, makanya daalm membeli Pass pass tertentu tsb passport diperlukan. Dan harga Pass Pass ini malah lbh murah dari bayar eceran bila diakumulasikan karena ada beberapa pass yg membuat tket objek wisata berbayar jadi gratis.
 
Sering sekali calon traveller berkutat sampai berbulan bulan mencari cara termurah buat membayar ongkos selama di Japan tapi menghindar membeli Tourist Pass. Ini tdk ada guna dan buang waktu dan memusingkan , malah hampir semua yang menggunakan IC Card atau eceran sekembalinya ke Indonesia jarang ada yang cerita betapa murahnya membayar ongkos eceran atau pakai IC Card di Japan, karena bagaimanapun membayar eceran atau menggunakan IC Card itu mahal dan itu adalah cara bayar penduduk asli Japan.
 
Typical kita adalah sebelum bener benar mengerti itinerari serta lokasi itinerari sdh menghakimi bahwa menggunakan Pass mahal, mrk akan berkutat mencari cara eceran yang termurah padahal yg ada makin mahal, inipun akibat kurangnya membaca sumber mengenai Pass pass tersebut.
 
Padahal kalau seorang traveller sejati akan berburu Tourist Pass karena dgn Tourist Pass akan semakin luas jangkauan itinerari yang bisa dikunjungi dgn murahnya.
 
Sooooo..:
 
ECERAN atau IC CARD = CARA BAYAR ORANG JEPANG = MAHAL
TOURIST PASS = CARA BAYAR KHUSUS TURIS = MURAH
 
Namun semua dikembalikan kepada Temen Temen , mana yng cocok buat jalan menikmati Japan yang seusai dengan keinginan ya.
 
Nah monggooo save your money, your time mulai sekarang…
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s