SINGKAWANG NAN LEZAT HARI RAYA FESTIVAL KUE BULAN : KO CIET

Saat tiba di Kota Singkawang, tadi malam (Rabu Malam, 14 September 2016), setelah cekin Hotel, kita diajak jajal makan malam khas Singkawang.. Waahhhhh kotaya asyik banyak Kelenteng, banyak yang jual makanan khas sini juga tdk macet malah cenderung Sepi…

KIN CI PAN – Kwetiau Daun Katuk

Saya Malam ini Diajak ke Jalan Yos Sudarso, diajak makan sejenis Kwetiau goreng namun tanpa daging hewan apapun, hanya Kwetiau, toge dan uniknya dikasih banyak sekali daun Katuk, Nah daun katuk bila di Pulau Jawa dikenal oleh ibu ibu menyusui agar ASI sang Ibu membludak….
Kebayang eke susunya cair kembali hahahaha…

Singkawang semuanya berwajah pecinan klasik dengan bangunan yg sdh berdiri puluhan tahun dan bergaya khas pecinan, ruko bertingkat dengan tiang di depannya berjajar dan berwarna Hijau. Pun tempat makan Kwetiau ini.. Banguna Ruko JAdul yang asri dan berlantai kayu Licin.

Pesan dan digoreng langsung.. secepat kilat sdh tersedia di depan ku… yummyyy.. porsi tdk terlalu besar dan panas, terlihat daun katuknya banyak sekali serta toge dan telur… saat dicoba masih panas… OMG.. cyinttt.. eke metong.. Enak banget… gurihnya tanpa vetsin, daun katuknya seger renyah, juga bumbu rahasia yg pas… Lahap sekali aku..

Kemudian Setelah makan , dihidangkan minuman jadul khas Singkawang, Sarsi soda, Awalnya aneh , namun saat diminum… Gilingan.. rasanya segar banget.. enak asam manisnya dan nggak berasa pemanis buatan .. sikat bleh habis dua botol.. Asli enak banget nih Kweitau Gorengnya..

RUJAK EBI DAN DURIAN HUTAN..

Selesai makan kwetiau Daun Kathuk, Ayoooo lanjut kita makan Rujak Singkawang, Rujak Ebi dan Durian serta manggis Hutan… Haaaaaaah…? Yang bener Ci… Udah ayo makan ajah.. Walhasil kita pindah tempat ke sebuah rumah sederhana namun rame skali halamannya dengan orang nongkrong, pesanlah rujak uleg nya..

Waahhhh enak dan segar rasanya, ada rasa sedikit Petis dan ditaburi bubuk ebi nan lezat.. asli seger… Lalu datanglah kiriman durian hutan dan manggis hutan… Aaaahhh.. Duriannya Kecil namun saat dibuka.. Manisssss rasanya dan garing tdk berair.. seperti berasa di nirwana makan malam diakhiri dengan makan durian hutan dan manggis… Perut ini rasanya sdh ful.. udah udah udah deh,, balik hotel..

COI PAN

Selamat pagiiii.. pagi ini adalah hari Raya Ko Ciet, semacam hari raya etnis Cina dimana dikenal dengan festival kue BUlannya (moon Cake).. Oke.. sekarang saya menuju area dmn area tersebut dikenal dengan area Rumah Marga Chia . Komplek Rumah kuno ini sdh dibangun sejak tahun 1902 dan sdh dijadikan area CAGAR BUDAYA oleh pemerintahan setempat. Asli Rumahnya unik, kuno gaya Cina perantauan jaman baheula… Oke kita bahas mknannya dulu..

Tadaaaa COI PAN.. Kami pesan Coi Pan dari salah seorang penghuni Rumah Marga Chia yg buka usaha mkanan Cina khas Singkawang, pesan 2 piring besar berisi 30 Coi Pan .. Coi Pan sejenis Dumpling atau pangsit isi Kukus, isinya ada daun kucay, rebung dan bengkoang, dilumuri minyak sayur cincang grg bawang putih.

Rasanya uenaaak sekali dan sehat, panas panas dimakan dicocol sambal dan perasan jeruk nipis, atau tmbah kecap manis…. wahh enak sekali,,, di jakarta hrs usaha ke ITC bila saya ingin makan ini.. Ludes des dalam sekejap, berhungung aku sdg diet, jadi hanya ludesin 20 biji coi pan ajah…

MInumnya ini dia es jeruk nipis lokal, rasanya seger asem asin manis ahhh nikmat sekali..

Nah Selamat hari RAYA KO CIET bagi yang merayakannya, thanks buat Ang Sufia Shinta Priscillia dan Mery Kristina yang sdh mengajak aku jalan jalan sedap di Singkawang.. ah apalagi ya malam ini yg akan dimakan.. Hancur diet eke nih…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s